Tuesday 15 April 2014

10 Hal Umum dan Sederhana Yang Ternyata Buruk Untuk Anda
Oleh dalam Top pada April 04, 2014
Ternyata banyak hal umum dan sederhana dalam kehidupan sehari-hari kita yang dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda. Berbagai hal yang sering kita lakukan dan temui ini diam-diam menyakiti tubuh kita tanpa kita sadari. Berikut 10 hal kecil, umum, dan sederhana yang ternyata berdampak negatif bagi Anda.

10. Menyalakan Lilin

Hindari menyalakan lilin di ruang tertutup karena dapat membunuh Anda
Lilin telah sejak lama menjadi alternatif terbaik untuk penerangan jika matahari sudah terbenam dan sedang mati lampu. Tidak hanya itu saja, beberapa restoran dan toko-toko dekorasi menjadikan restoran sebagai nuansa romantis yang memberikan aroma tersendiri. Di samping efek negatif bahayanya api dari lilin itu (kebakaran), ternyata beberapa lilin atau penerangan berbasis parafin (minyak tanah) mengandung gas berbahaya yang kasat mata.
Para ahli menyarankan Anda untuk memastikan bahwa ventilasi ruangan cukup baik sebelum Anda menyalakan sebuah lilin, dan jika bisa gunakanlah senter sebagai alternatif penerangan Anda.

9. Mengenakan Ransel

Mengenakan ransel secara sembarangan akan merusak postur tubuh Anda
Saat kita bersekolah atau kuliah, tidak jarang kita akan mengenakan ransel atau melihat orang lain mengenakan ransel dalam aktivitasnya sehari-hari. Sayangnya, mengenakan ransel adalah penjelasan mengapa banyak orang-orang yang memiliki masalah tulang belakang walaupun ia masih muda.
Untuk mencegah hal ini, ada posisi ransel yang disebut adalah posisi paling ideal untuk tubuh Anda. Posisi itu memposisikan ransel Anda dua inci di atas pinggang dengan tali ransel benar-benar diketatkan ke tubuh. Di samping itu, cobalah untuk membuat ransel tidak terlalu berat dan hanya membawa yang dibutuhkan dalam ransel tersebut.

8. Kacamata Hitam Murahan

Kacamata hitam murahan yang tidak memiliki anti UV malah akan sangat merugikan mata Anda
Mengenakan kacamata hitam akan dapat bedampak positif bagi mata dan diri Anda. Tapi tidak begitu halnya jika kacamata hitam itu adalah kacamata hitam yang tidak melindungi Anda dari sinar UV (UVA dan UVB). Pada umumnya jika mata kita melihat cahaya yang terang, maka kita akan menyipitkan mata kita, namun jika mengenakan kacamata hitam kita tidak akan melakukan hal itu.
Sama halnya dengan teori gerhana matahari yang buruk untuk penglihatan Anda, apabila kacamata hitam yang Anda gunakan tidak benar-benar melindungi mata Anda dari radiasi sinar berlebih maka lebih baik jangan kenakan kacamata itu. Cobalah cari kacamata hitam yang benar-benar dapat melindungi mata Anda dari sinar UVA dan UVB.

7. Sunblock (Tabir Surya)

Terlalu sering menggunakan sunblock dan tidak terkena sinar matahari dapat menyebabkan penyakit berbahaya
Sunscreen, sunblock, tabir surya, atau istilah apapun yang dikenal sebagai "Anti UV" memang melindungi Anda dari radiasi sinar matahari, namun juga terbukti dapat berdampak negatif bagi tubuh Anda. Banyak penelitian yang menemukan bahwa ada kandungan kimiar berbahaya dalam beberapa sunblock yang justru malah dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena tumor kulit serta beberapa dapat mengganggun keseimbangan hormon tubuh Anda.
Di samping itu, tubuh Ada juga membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah tertentu. Oleh karena itu, beberapa dokter menyarankan Anda terkena sinar matahari kurang lebih selama 10 menit sebelum Anda mulai mengaplikasikan sunblock ke tubuh Anda, serta pastikan Anda telah melakukan riset bahwa yang Anda gunakan memang tidak mengandung berbagai kandungan kimia berbahaya.

6. Jogging

Jangan jogging di bidang yang keras karena itu malah dapat merugikan Anda
Ini mungkin bertentangan dengan pengetahuan dan kepercayaan umum. Jogging memang dapat memberikan dampak positif atau menyehatkan tubuh Anda, jika dilakukan dengan benar. Sepintas, hal sederhana seperti jogging memang akan terlihat sangat mudah, namun ternyata itu tidak semudah yang terlihat.
Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda jogging. Seperti contohnya jika Anda lari terlalu cepat, atau jogging dalam jarak yang terlalu jauh, Anda malah akan meningkatkan resiko arthritis atau masalah lainnya pada tubuh Anda. Selain itu jika Anda berlari di permukaan keras seperti aspal, itu justru akan berdampak buruk bagi persendian lutut Anda.

5. Terlalu Sering Mandi

Terlalu sering mandi ternyata dapat berdampak buruk bagi Anda
Mandi adalah aktivitas paling umum yang kita lakukan setiap hari, bahkan sehari dapat kita lakukan hingga dua-tiga kali. Kita tidak mengatakan bahwa Anda harus berhenti mandi karena itu buruk untuk Anda, namun penelitian terakhir memang menatakan ada alasan tertentu mengapa terlalu sering mandi dapat buruk untuk Anda.
Tubuh manusia pada umumnya selalu memiliki resiko akan bakteri-bakteri yang jahat, namun di samping bakteri jahat itu kita juga memiliki bakteri baik yang membantuk reproduksi minyak alami, mencegah kekeringan dan seterusnya. Sayangnya, dengan aplikasi sabun yang terlalu sering maka bakteri-bakteri baik ini akan terbunuh bersamaan denganyang buruk. Hal ini juga berlaku sama halnya untuk sampoo yang ternyata juga dapat berdampak buruk untuk rambut Anda. Oleh karena itu, mandilah jika memang Anda butuhkan, bukan karena kebiasaan.

4. Menggunakan Sendal Jepit

Hati-hatilah terlalu sering mengenakan sendal jepit yang diam-diam merugikan Anda
Sandal jepit adalah salah satu alas kaki paling popular di dunia. Sayangnya, pada kenyataan sandal jepit justru bertindak sebagai 'pembunuh' untuk kaki Anda. Tali di antara jari-jari kaki Anda, akan dapat menyebabkan luka di ruas jari. Alasan lainnya adalah pada umumnya, sandal jepit hanya terbuat dari karet yang tidak didesain secara khusus untuk kondisi struktural tubuh Anda. Mereka tidak didesain seperti alas kaki lainnya yang membengkok di depan untuk membantu Anda saat berjalan. Hal itu dapat mengarah ke sakit persendian dan masalah-masalah lainnya.
Walapun begitu, itu tidak berarti Anda tidak boleh lagi mengenakan sandal jepit, hanya saja kenakan untuk situasi tertentu saja. Jika Anda memang suka mengenakan sandal jepit, maka carilah sandal jepit yang memang didesain khusus untuk struktural tubuh Anda dan memiliki kualitas jauh lebih baik.

3. Alarm dan Tombol Snooze

Usahakan jangan menggunakan alarm dan hindari menekan tombol snooze untuk bangun tidur
Banyak sekali orang yang mengandalkan alarm jam untuk dapat bangun di pagi hari dan pergi kerja, kuliah, atau sekolah. Tapi ternyata hal sederhana ini justru berdampak negatif bagi tubuh Anda dan meningkatkan resiko terkenanya obesitas. Anda pasti menyadari bahwa setelah tubuh Anda mendapatkan tidur yang cukup maka Anda akan dapat bangun sendiri tanpa menggunakan bantuan alarm, dan hal itu justru adalah hal yang sangat baik.
Sedangkan apabila saat kita sedang tidur dan sikus tidur kita disela atau diganggu oleh bunyi alarm, hal itu akan membuatnya siklus waktu tubuh kita terganggu dan menyebabkan resiko berbagai kondisi kesehatan. Di samping itu, mereka yang sering menekan tombol Snooze justru memperburuk hal ini.

2. Duduk

Hal umum dan sederhana seperti duduk dapat membunuh Anda
Jika Anda membaca ini sekarang, kemungkinan besar Anda sedang duduk. Bahkan duduk telah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas kita sehari-hari. Dalam Bagaimana Duduk Terlalu Lama Dapat Merusak Tubuh Anda dan Cara Mengatasinya, kita telah membahas bagaimana duduk secara nyata dapat memberikan efek negatif bagi tubuh Anda. Mereka yang sering terlalu lama duduk memiliki resiko terkena serangan jantung, bahkan untuk mereka yang sering berolahraga. Inilah sebabnya mengapa duduk adalah salah satu kegiatan umum paling berbahaya yang secara diam-diam dapat merusak tubuh Anda.

1. Makan Nasi

Aktivitas sehari-hari seperti makan nasi putih ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan Anda
Sebagai orang Indonesia atau lebih umum lagi orang Asia, nasi merupakan makanan pokok kita dan setiap hari kita mungkin selalu makan nasi. Tapi ternyata kebiasaan sehari-hari itu justru dapat juga berdampak buruk bagi Anda. Ada dua alasan mengapa nasi dapat berdampak buruk bagi Anda, yang pertama adalah pestisida, dan yang kedua adalah diabetes.
Produk makanan yang terbuat dari nasi, atau bahkan nasi itu sendiri memiliki kandungan arsenik yang tinggi, yakni sebuah kandungan metaloid yang memang terkenal beracun. Nasi merah yang terkenal baik untuk kesehatan saja, justru memiliki kandungan arsenic yang lebih tinggi. Oleh karena itu para ahli meminta wanita hamil dan anak-anak untuk lebih berhati-hati, serta mencuci beras baik-baik lebih dahulu sebelum memasaknya.
Mereka yang sering mengkonsumsi nasi putih juga terancam akan resiko diabetes mellitus tipe 2. Oleh karena itu disarankan untuk tidak makan nasi secara berlebihan dan makanlah secukupnya saja. Jika di alasan pertama kita melihat beras merah dapat lebih berbahaya, di alasan kedua ini beras merah terbukti lebih baik dalam mencegah diabetes.
 

No comments:

Post a Comment