Saturday 11 January 2014

Apakah Membunyikan Jari dan Persendian Lainnya Berdampak Buruk?

  
              Membunyikan ruas jari atau persendian lainnya sudah sangatlah sering terlihat dan sering disebut dapat menyebabkan arthritis. Namun ternyata hal itu hanya mitos dan tidak memiliki dukungan fakta yang jelas. Jadi apakah meletukkan jari benar-benar berdampak buruk?
Apa sebenarnya yang membuat bunyi tersebut?
Apa sebenarnya yang terjadi pada saat Anda membunyikan tangan atau sendi Anda
Pada saat kita meregangkan tubuh kita baik pada jari, punggung, ataupun leher, terkadang peregangan tersebut membuat sendi-sendi di tubuh kita berbunyi. Hal ini karena setiap sendi di tubuh kita dihubungkan oleh sebuah jaringan penghubung yang dikenal dengan nama joint capsule atau connective tissue capsule, dan jaringan ini memenuhi ruang sendi yang ada.
Dengan meregangkan tubuh kita maka tulang yang satu dengan tulang yang lain akan saling menjauh dan joint capsule ini juga akan merenggang, menyisakan ruang sendi yang lebih besar. Penelitian menunjukkan bahwa pada saat joint capsule tersebut merenggang maka akan ada sebuah gas di ruang sendi yang membentuk sebuah gelembung. Gelembung gas inilah yang pecah dan menyebabkan suara tersebut. Proses ini sendiri dikenal dengan nama cavitation.
Mitos Arthritis
Mitos Arthritis terkait membunyikan tangan atau persendian lain
Ada mitos bahwa terlalu sering membunyikan sendi sangatlah buruk dimana dapat menyebabkan kondisi medis pada sendi yang dikenal dengan nama Arthritis atau Radang Sendi. Arthritis sendiri adalah sebuah kondisi medis persendian dimana terjadi peradangan di satu sendi atau lebih. Namun ternyata ini memang hanya sekedar mitos dan terbukti tidak ada dukungan nyata atas fakta ini.
Jadi Apakah Membunyikan persendian dapat berdampak buruk?
Apakah membunyikan leher, tangan, atau persendian lainnya memiliki dampak negatif
Jika Arthritis hanyalah sekedar mitos, jadi apakah membunyikan atau meletukkan persendian tidak dapat berdampak buruk? Belum diketahui secara pasti apakah membunyikan persendian Anda dapat berdampak buruk, namun salah satu penelitian menyebutkan bahwa dengan sering melakukan hal ini akan membuat sendi Anda lebih besar dan seiring berjalannya waktu, kekuatan genggaman Anda akan terus berkurang (pada tangan).
Sedangkan penelitian lainnya menyebutkan bahwa membunyikan persendian sama sekali tidak berdampak buruk, bahkan orang yang sudah melakukan hal ini selama 30 tahun sama sekali tidak memiliki perbedaan besar pada sendi mereka. Namun jika Anda merasakan rasa sakit atau nyeri pada saat membunyikan persendian Anda maka kemungkinan ada kondisi medis terkait hal itu dan baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter.
--
Akhir kata adalah lebih baik tidak perlu membunyikan persendian Anda, karena walaupun mungkin tidak ada dampak negatif terkait hal ini namun juga tidak ada dampak positif dari hal ini. Jika Anda memang sudah terbiasa akan hal ini, mungkin Anda dapat mengurangi keseringan atau interval seberapa sering Anda meletukkan persendian atau jari Anda.

No comments:

Post a Comment